Dahlan Iskan, tetap optimis menjalani hari-hari sisa hidupnya

Dahlan Iskan (pic by : kompas.com)

Dahlan Iskan dibesarkan di lingkungan pedesaan di Magetan Jawa Timur dangan kondisi serba kekurangan. Sedikit hal unik dari pria ini adalah orangtuanya tidak pernah ingat tanggal berapa Dahlan dilahirkan. Sehingga Dahlan bebas memilih tanggal berapa dilahirkan, dan pada akhirnya pria ini memilih tanggal 17 Agustus sebagai hari lahirnya dengan alasan mudah diingat karena bertepatan dengan peringatan kemerdekaan Republik Indonesia.

Pria dengan wajah optimis dan penuh dengan senyuman ini mengaku tubuhnya sudah tidak normal lagi, dikarenakan telah beberapa kali menjalani operasi transplantasi organ dalam tubuhnya. Hal ini dia paparkan ketika pers confrence di depan media sehabis menjalani tes kesehatan sebagai syarat kelengkapan sebelum menjabat Mentri BUMN  dalam Kabinet Indonesia Bersatu II. Sebelum dilantik sebagai Menteri BUMN per tanggal 19 Oktober 2011 yang lalu, pria berkaca mata ini menjabat Direktur Utama PLN sejak 23 Desember 2009.

Karier Dahlan Iskan dimulai sebagai calon reporter sebuah surat kabar kecil di Samarinda (Kalimantan Timur) pada tahun 1975. Tahun 1976, ia menjadi wartawan majalah Tempo. Menjadi CEO surat kabar harian Jawa Pos dan Jawa Pos Group, yang bermarkas di Surabaya. Sejak awal 2009, Dahlan juga menjabat Komisaris PT. Fangbian Iskan Corporindo (FIC)yang akan memulai pembangunan Sambungan Komunikasi Kabel Laut (SKKL) pertengahan tahun ini. SKKL ini akan menghubungkan Surabaya di Indonesia dan Hong Kong. Dengan panjang serat optik 4.300 kilometer.

Sungguh semangat hidup yang teramat besar, bagi seseorang dengan berbagai kekurangan dalam organ tubuhnya namun masih tetap semangat dalam menjalani hari-hari pengabdiannya terhadap bangsa dan negara, yang notabene didalamnya masih terdapat setumpuk persoalan tentang pengelolaan BUMN yang belum sesuai dengan harapan rakyat. Banyak kalangan mengharapkan Dahlan sebagai menteri dari non parpol agar supaya bisa bekerja lebih maksimal tanpa adanya tekanan dari para elit parpol negeri ini.

Profil lengkap Dahlan Iskan : di sini

Leave a comment