Suzuki Inazuma GW 250, sebuah menu alternatif sajian dari Suzuki

Sport Turing Suzuki

Ketika pabrikan lain sibuk berebut market motor sport road fighter nan empuk, Suzuki malah membuat gebrakan berniat meluncurkan motor dengan basis sport touring. Memang terlihat sangat aneh, namun menjadi sebuah strategi marketing jitu nan cerdas ketika Suzuki berani berjalan pada jalurnya sendiri, tidak turut serta beramai-ramai memadati sebuah jalur yang lebih luas seperti yang dilakukan pabrikan lain. Kali ini Suzuki terlihat sangat berani mengambil resiko, dengan kemampuan finansial di bawah Honda memberanikan diri melewati jalur terjal untuk mengambil ceruk sempit dunia bisnis roda dua.

2 cylinder inline 250cc SOHC

Pada awalnya mungkin tidak menjadi hal mudah bagi sebuah brand besar jepang sekaliber Suzuki untuk melakukan ketok palu dalam pengambilan keputusan ini. Tapi sebuah harapan akan keberhasilan yang meyakinkan jajaran petinggi Suzuki untuk berani merilis product masal segmented di kelas hi-end ini. Hanya saja ke depan perlu adanya semacam treatment khusus untuk memasarkan Suzuki Inazuma GW 250 agar strategi marketing tetap berjalan on the track seperti pada sekenario awal. Yang perlu diingat ketika mengambil ceruk sempit Suzuki harus berhasil menyajikan konsep yang diikuti dengan pricing strategy yang pas agar bisa diterima secara psikologis oleh konsumen Indonesia. Mungkin dengan memasang harga dibawah atau setara CBR 250R non ABS merupakan pilihan yang sangat bijak, mengingat Inazuma datang hanya dengan baju setengah badan. (CMIIW)

Isu miring juga sempat menyeruak di tengah-tengah publik otomotif roda dua Indonesia. China sebagai negara asal sang jagoan baru didatangkan secara Built-Up menjadi semacam kutu yang menghinggapi tubuh Suzuki dan siap mengganggu kenyamanan dalam perjalanan pemasarannya. Track record China di kancah otomotif Indonesia dikenal kurang baik, jaminan mutu kwalitas produknya sangat jauh dari harapan standar konsumsi Indonesia. Yang perlu disadari bersama adalah Suzuki tidak akan rela menurunkan standar kwalitas produknya, sehingga akan tetap ketat mengawasi setiap jengkal perjalanan dalam proses manufakturingnya.

Spesifikasi Suzuki GW 250 China :

Panjang : 2.145 mm

Lebar : 760 mm

Tinggi : 1.075 mm

Jarak sumbu roda : 1.430 mm

Jarak terendah ke Tanah : 165 mm

Berat kosong : 173 kg

Mesin : 2 silinder SOHC

Diameter x Langkah : 53,5 mm x 55,2 mm

Kapasitas silinder : 248 cc

Kompresi : 11,5:1

Sistem Bahan Bakar : Injeksi

Tenaga maksimum : 18 kW @ 8.500 rpm

Torsi maksimum : 22 Nm @ 6.500 rpm

Kapasitas tanki : 14 L

Diameter disk brake depan : 290 mm

Diameter disk brake belakang : 240 mm

Ban depan : 110/80-17

Ban belakang : 140/70-17

Leave a comment