Mobil murah dipasarkan, jalanan tambah macet?

GambarIklannya sudah muncul di TV, produknya belum sampai ke konsumen. Tapi…. sebuah kekhawatiran yang menurut saya berlebihan sudah muncul, jika si mobil “MURAH” mulai dijual maka akan menambah kasus macet jalanan. ๐Ÿ™‚ Secara logika memang benar dengan bertambahnya mobil berarti jalanan akan menjadi tambah padat, terlebih ini mobil kecil yang “mungkin” sangat sesuai kebutuhan masyarakat perkotaan. Terlebihnya “lagi” ๐Ÿ™‚ dipasarkan dengan harga “AGAK” miring, sehingga seolah membuat tak perlu waktu lama untuk memikir untuk meminangnya.

Terlepas sukses atau tidaknya mobil ini diserap oleh pasar, saat ini saya berharap bahwa titik jenuh masyarakat akan kemacetan sudah mencapai puncaknya. Harapan di tahun-tahun mendatang masyarakat akan ikut mencari solusi dari permasalahan kemacetan. Misal dengan memakai mobil/kendaraan pribadi ketika weekend saja atau dimana mereka perlu memakai mobil sendiri. Yang jadi pertanyaan di saat hari kerja/sibuk terus pakai apa?? Motor, angkot, kereta api atau……. Inilah peran pemerintah dalam memerangi kemacetan, dengan memberikan jawaban atas apa yang dibutuhkan dalam menunjang aktifitas kesehariannya.

Membeli & punya kendaraan sendiri merupakan hak setiap orang. Memakai jalan yang notabene akan membuat tambah macet jalan lagi-lagi merupakan hak setiap orang juga. Penyelesaian atas semua permasalahan tersebut adalah kewajiban bersama, sehingga peran pemerintah yang wajib dilakukan hanyalah sebatas menyediakan apa yang dibutuhkan penduduknya.

Leave a comment